Tugas Psikologi & Teknologi Internet

Apa itu Computer Mediated Communication?

Computer Mediated Communication(CMC) adalah istilah yang digunakan untuk melakukan komunikasi antar duaorang atau lebih yang dapat saling berinteraksi melalui komputer yang berbeda
Menurut John December(1997) Computer Mediated Commnication Adalah proses manusia berkomunikasi dengan menggunakan via komputer dengan melibatkan seseorang, dalam situasi konteks tertentu, dengan terlibat dalam proses untuk membentuk media sebagai tujuan.
Computer-mediated communication (CMC) ialah suatu transaksi komunikasi yang terjadi melalui penggunaan dua atau lebih komputer jaringan. Istilah tersebut secara tradisional disebut komunikasi yang terjadi melalui-dimediasi format computer, misalnya, pesan instan , e-mail , chat room. Format tersebut diterapkan pada bentuk-bentuk lain dari interaksi berbasis teks seperti pesan teks. Penelitian CMC berfokus pada dampak sosial yang berbeda yang didukung teknologi komunikasi-komputer. Banyak studi yang melibatkan internet berbasis jaringan sosial yang didukung oleh perangkat lunak sosial.
Mediation ini mengacu pada proses pertukaran pesan dimana pesan disampaikan melalui perantaraan media bentuk teknologi dari teknologi paling sederhana hingga teknologi canggih seperti computer internet. Computer Mediated Communication (CMC) mempelajari bagaimana perilaku manusia dibentuk melalui pertukaran informasi menggunakan media komputer khususnya komputer internet.

Ada beberapa keuntungan dalam pembelajaran melalui virtual class, diantaranya :

1.      Proses pembelajaran menjadi lebih menari karena fleksibelitas dan interaktivitas di bandingkan dengan media lain
2.      Siswa tidak terikat pada suatu tempat dan waktu
3.      Guru sebagai fasilitator, yaitu penyedia dan pendukung dalam proses pembelajaran
4.      Siswa lebih aktif mempelajari materi yang disampaikan melalui web
5.      Pembelajaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja

Kekurangan dalam virtual class, diantaranya :

1.      Kelas maya yang berbasis web mengharukan siswa dan guru untuk terkoneksi dengan internet, dan terkadang siswa lebih asik dengan internetnya dibanding dengan materinya
2.      Pembelajaran berupa individual, sehingga dapat mengurangi pembelajaran sosial pada siswa
3.      Apabila siswa tidak kritis dan terjadi kesalahan materi akan sangat berdampak pada pengetahuannya
4.      Bagi anak-anak sekolah dasar penggunaan internet yang kurang proposional dapat mengabaikan pengingkatan kemampuan bersifat manual seperti menulis tangan, menghitung dan menggamba
5.      Membutuhkan spesifikasi Hardware, Software dan Jaringan Internet yang tinggi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OBSERVASI PP IPTEK

Perkembangbiakan Seksual & Aseksual

Diagram Vann