#SIP EVOLUSI SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER








- Fokus Data (SIA/EDP)
           Didukung dengan munculnya punched card dan keydriven bookkeeping machines, dan perusahaan umumnya mengabaikan kebutuhan informasi para manajernya. aplikasi yang digunakan sistem informasi akutansi. 
        Menurut Kusrini dan Kaniyo (2007) Sistem Informasi Akutansi merupakan sebuah sistem informasi yang mengubah data transaksi bisnis menjadi informasi keuangan yang berguna bagi pemakainya. Tujuan dari SIA ialah mendukung operasi sehari-hari, mendukung pengambilan keputusan manajemen, dan memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pertanggung-jawaban. 

- Fokus Informasi (SIM)
         Menurut Marimin, Tanjung, dan Prabowo (2006) Sistem Informasi Manajemen ialah kumpulan dari sistem manajemen atau sistem yang menyediakan informasi yang bertujuan mendukung operasi manajemen dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. SIM cenderung berhubungan dengan pengolahan informasi berbasis komputer (computer base information processing) dengan mempertimbangkan informasi apa, untuk siapa dan kapan harus disajikan. 
  
- Fokus pada Pendukung Keputusan (SPK)

            DSS ialah sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan serta diambil keputusannya oleh manajer.
           Menurut Nofriansyah (2014) Sistem Pendukung Keputusan dibangun untuk mendukung solusi atas suatu masalah atau untuk suatu peluang dalam pengambilan keputusan. Berbasis komputer yang terdiri dari tiga komponen yang saling berinteraksi, sistem bahasa (mekanisme untuk memberikan komunikasi antara penggunadan komponen sistem pendukung lain), sistem pengetahuan (sebagai data atau sebagai prosedur) dan sebagai pemerosesan masalah. 

- Fokus pada Komunikasi (Otomatisasi Kantor)
         Menurut Suryadharma dan Budyastuti (2019) meliputi seluruh sistem elektronik formal maupun informal yang terutama berhubungan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan. Kemudian, terdapat teknologi-teknologi yang digunakan dalam otomatisasi kantor yaitu email (untuk komunikasi), penanggalan elektronik (untuk penjadwalan rapat dengan pemecah masalah yang lain), dan konfrensi video (untuk menghubungkan mereka di wilayah geografis yang luas). 

- Fokus Konsultasi (Sistem Pakar)
          Menurut Vanta (2010) Sistem pakar adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu bidang.
     Menurut Kusrini (2006) Sistem Pakar merupakan sistem berbasis komputer yang berisi pengetahuan,fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanaya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tersebut. Kemudian, sistem pakar dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang memang sulit untuk dipecahkan dengan pemrograman biasa. Selain itu, sistem pakar juga dapat memberikan penjelasan terhadap langkah yang diambil dan memberikan alasan atas saran atau kesimpulan yang ditemukannya.

Referensi : 
Kusrini. (2006). Sistem pakar:Teori dan aplikasi. Yogyakarta:
        ANDI.  
Kusrini. & Kanito. A. (2007). Tuntutan praktis membangun sistem
        informasi akutansi dengan visual basic dan microsoft SQL 
        server. Yogyakarta: ANDI. 
Marimin, Tanjung, H. & Prabowo. H. (2006). Sistem informasi
        manajemen: Sumber daya alam. Jakarta: Grasindo.
Nofriansyah, D. (2014). Konsep dan maining vs sistem pendukung
        keputusan. Yogyakarta: Deepublish.  
Suryadharma, & Budyastuti, T. (2019). Sistem informasi    
         manajemen. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.  
Vanta, R. (2010). Evolusi sistem informasi berbasis komputer.
         Diakses pada 3 November 2019 melalui http://rivanyvanta.
         blogspot.com/2011/10/evolusi-sistem-informasi-berbasis.html








Komentar

Postingan populer dari blog ini

OBSERVASI PP IPTEK

Perkembangbiakan Seksual & Aseksual

Diagram Vann